- Pengertian komunikasi
Komunikasi adalah
proses penyampaian pikiran/perasaan oleh seseorang kepada pihak yang lain
dengan menggunakan lambang lambangyang sangat bermakana bagi kedua belah pihak,
dalam situasi tertentu mereka berkomunikasi menggunakan media tertentu untuk
menunjukkan sikap atau tigkah laku – nya.
Dan komunikasi
dapat juga diartikan sebagai pemindahan gagasan atau pemikiran dari seseorang
kepada orang lain.
Rumusan ilmiah
tersebut di atas barangkali tidak mudah dicerna. Definisi atau batasan
komunikasi yang lebih merakyat dan mudah dipahami adalah seperti yang
dikemukakan oleh Masrini (Pelajaran Bahasa Prancis untuk Pemula, 2003) dalam
bahasa Betawi sebagai berikut: “gua ngomong lu ngarti, lu ngomong gua
ngarti.” Atau, dalam ragam tulis akan berbunyi sebagai berikut.
“saya berbicara kamu
mengerti, kamu berbicara saya mengerti”.
2. Komunikasi DARING “dalam jaringan”
Komunikasi
Daring adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan pesan
dilakukan dengan atau melalui jaringan Internet. Komunikasi yang terjadi di
dunia semu tersebut lazim disebut komunikasi di dunia maya atau cyberspace.
Pertama
kali, komunikasi daring dimulai pada tahun 1960-an, ketika peneliti Amerika
mengembangkan protokol yang memungkinkan mengirim dan menerima informasi atau
pesan melalui komputer (Hafner & Lyon, 1996).
Protokol
yang dikembangkan itu dinamakan dengan
ARPANET. Arpanet diluncurkan pada tahun 1969, yang akhirnya berkembang
menjadi Internet.
Internet
berasal dari inter connected networks yang disingkat menjadi Internet
work, atau Internet, yang digunakan oleh sekitar 200 juta orang di
seluruh dunia pada pergantian millennium ke-3 dan mungkin telah triliunan orang
yang menggunakan ineternet.
Komunikasi
daring masuk ke dalam dunia pendidikan pertama kali pada tahun 1980-an, setelah
pengembangan dan penyebaran komputer pribadi atau PC(personal computer).
Latar
belakang komunikasi daring dalam pembelajaran dan penelitian dibagi menjadi dua
periode yang berbeda, ditandai oleh pengenalan komputer sebagai media
pendidikan pada tahun 1980-an dan munculnya world wide web pada pertengahan
1990-an.
Di
periode pertama di dunia pendidikan, sejak pertengahan 1980-an para pendidik
menemukan potensi media pendidikan untuk pengajaran bahasa (Cummins, 1986).
Integrasi komunikasi yang dimediasi komputer di dalam kelas itu sendiri dibagi
menjadi dua, yaitu:
·
Beberapa pendidik mulai menggunakan e-mail untuk mengatur
pertukaran informasi jarak jauh,
·
Dan yang kedua, pendidikan mulai menggunakan program
perangkat lunak sinkron (Daedalus Interchange. Daedalus Inc, 1989) untuk
memungkinkan percakapan komputer antarkelas.
3. Keunggulan & kelemahan komunikasi DARING
·
Komunikasi daring dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja,
yang terpenting haruslah terhubung dengan jaringan Internet.
·
Dengan komunikasi DARING, pembicara tak perlu menghabiskan
biaya untuk transportasi, karena pembicara tak perlu susah untuk bertemu dengan
lawan bicara – nya.
·
Tidak perlu banyak menghabiskan waktu untuk perjalanan menuju
teman bicara, cukup dengan komunikasi ini pembicara dapat berbicara dapat
menggunakan pesan komunikasi, dan pesan yang di hantarkan akan sampai dalam
hitungan detik.
·
Akan terbuka jalur komunikasi, yang akan memudahkan untuk
saling berpartisipasi dengan orang yang banyak di seluruh dunia.
Disamping
kelebihannya, ada juga kelemahannya, antara lain:
·
Tidak dapat mengetahui raut wajah pembicara, kecuali pada
jaman yang maju ini, sekarang sudah mengirim emot wajah kita berupa gambar
animasi lucu dan unik.
4. Jenis komunikasi DARING
a. Komunikasi DARING Sinkron
(Serempak)
Komunikasi DARING
Sinkron Adalah komunikasi yang menggunakan media pc, yang terjadi secara serempak,
waktu nyata (real time). Contoh komunikasi ini antara lain:
·
Text chat adalah sebuah yang dapat
digunakan oleh seluruh orang untuk mengirim pesan dengan waktu yang cepat dan
mudah, dan harus menggunakan jaringan internet.
·
Video chat adalah sebuah fitur dengan
menggunakan akses internet, dengan ini seluruh orang dapat berbicara dengan
temannya di seluruh belahan bumi, denga menampilan wajahnya dan lawan
bicaranya.
b. Komunikasi DARING asinkron
(tidak serempak)
Komunikasi DARING
asinkron adalah komunikasi yang digunakan secara tertunda tunda, dengan media
pc. Contoh komunikasi ini adalah e- mail, forum, rekaman simulasi visual.
5. Tujuan komunikasi DARING
Komunikasi ini
bertujuan untuk memprmudah setiap orang yang ingin berbicara tanpa harus bersusah
payah bertemu dengan orang tersebut. Dan tidak akan merugikan pembicara yang
mungkin berbicara dengan pihak laing di luar negeri/ tempat yang jauh.
6. Fungsi komunikasi DARING
Komunikasi ini
berfungsi untuk mempererat ikatan persaudaraan dengan seluruh orang di dunia,
tanpa harus menguras kantong.
Dan untuk
pelajar, agar mendapatkan dengan mudah materi yang ingin dipelajarinya melalui
internet.
7. Komponen pendukung komunikasi DARING
Terdapat komponen
yang harus digunakan sebelum melakukan pembicaraan. Dapat dibagi kepada 3
bagian, yaitu:
a. Komponen hardware
Perangkat
yang bentuknya dapat diraba oleh manusia secara langsung atau berbentuk nyata.
Contoh hardware yang dapat digunakan, yaitu:komputer, headset, earphone,
microphone, serta yang paling terpenting koneksi internet.
b. Komponen software
Perangkat
komponen bentuknya tak bisa di sentuh/diraba tapi hanya bisa dirasakan
sensasinya. Program unruk mnjembatani antara branware dengan hardware.
c. Komponen Brainware
Termasuk dalam
komponen ini adalah user/manusia yang terlibat dalam penggunaan serta
pengaturan perangkat lunak dan keras untuk melaksanakan komunikasi langsung.

0 komentar:
Posting Komentar