Komunikasi Dalam Jaringan (Daring)




  1. Pengertian komunikasi

Komunikasi adalah proses penyampaian pikiran/perasaan oleh seseorang kepada pihak yang lain dengan menggunakan lambang lambangyang sangat bermakana bagi kedua belah pihak, dalam situasi tertentu mereka berkomunikasi menggunakan media tertentu untuk menunjukkan sikap atau tigkah laku – nya.

Dan komunikasi dapat juga diartikan sebagai pemindahan gagasan atau pemikiran dari seseorang kepada orang lain.

Rumusan ilmiah tersebut di atas barangkali tidak mudah dicerna. Definisi atau batasan komunikasi yang lebih merakyat dan mudah dipahami adalah seperti yang dikemukakan oleh Masrini (Pelajaran Bahasa Prancis untuk Pemula, 2003) dalam bahasa Betawi sebagai berikut: “gua ngomong lu ngarti, lu ngomong gua ngarti.” Atau, dalam ragam tulis akan berbunyi sebagai berikut. 

“saya berbicara kamu mengerti, kamu berbicara saya mengerti”.

2. Komunikasi DARING “dalam jaringan”

Komunikasi Daring adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan Internet. Komunikasi yang terjadi di dunia semu tersebut lazim disebut komunikasi di dunia maya atau cyberspace.
Pertama kali, komunikasi daring dimulai pada tahun 1960-an, ketika peneliti Amerika mengembangkan protokol yang memungkinkan mengirim dan menerima informasi atau pesan melalui komputer (Hafner & Lyon, 1996).
Protokol yang dikembangkan itu dinamakan dengan  ARPANET. Arpanet diluncurkan pada tahun 1969, yang akhirnya berkembang menjadi Internet.
Internet berasal dari inter connected networks yang disingkat menjadi Internet work, atau Internet, yang digunakan oleh sekitar 200 juta orang di seluruh dunia pada pergantian millennium ke-3 dan mungkin telah triliunan orang yang menggunakan ineternet.
Komunikasi daring masuk ke dalam dunia pendidikan pertama kali pada tahun 1980-an, setelah pengembangan dan penyebaran komputer pribadi atau PC(personal computer).
Latar belakang komunikasi daring dalam pembelajaran dan penelitian dibagi menjadi dua periode yang berbeda, ditandai oleh pengenalan komputer sebagai media pendidikan pada tahun 1980-an dan munculnya world wide web pada pertengahan 1990-an.
Di periode pertama di dunia pendidikan, sejak pertengahan 1980-an para pendidik menemukan potensi media pendidikan untuk pengajaran bahasa (Cummins, 1986). Integrasi komunikasi yang dimediasi komputer di dalam kelas itu sendiri dibagi menjadi dua, yaitu:
·        Beberapa pendidik mulai menggunakan e-mail untuk mengatur pertukaran informasi jarak jauh,
·        Dan yang kedua, pendidikan mulai menggunakan program perangkat lunak sinkron (Daedalus Interchange. Daedalus Inc, 1989) untuk memungkinkan percakapan komputer antarkelas.

3. Keunggulan & kelemahan komunikasi DARING

·        Komunikasi daring dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, yang terpenting haruslah terhubung dengan jaringan Internet.
·        Dengan komunikasi DARING, pembicara tak perlu menghabiskan biaya untuk transportasi, karena pembicara tak perlu susah untuk bertemu dengan lawan bicara – nya.
·        Tidak perlu banyak menghabiskan waktu untuk perjalanan menuju teman bicara, cukup dengan komunikasi ini pembicara dapat berbicara dapat menggunakan pesan komunikasi, dan pesan yang di hantarkan akan sampai dalam hitungan detik.
·        Akan terbuka jalur komunikasi, yang akan memudahkan untuk saling berpartisipasi dengan orang yang banyak di seluruh dunia.

Disamping kelebihannya, ada juga kelemahannya, antara lain:
·        Tidak dapat mengetahui raut wajah pembicara, kecuali pada jaman yang maju ini, sekarang sudah mengirim emot wajah kita berupa gambar animasi lucu dan unik.

4. Jenis komunikasi DARING

a.   Komunikasi DARING Sinkron (Serempak)

Komunikasi DARING Sinkron Adalah komunikasi yang menggunakan media pc, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time). Contoh komunikasi ini antara lain:
·        Text chat adalah sebuah yang dapat digunakan oleh seluruh orang untuk mengirim pesan dengan waktu yang cepat dan mudah, dan harus menggunakan jaringan internet.
·        Video chat adalah sebuah fitur dengan menggunakan akses internet, dengan ini seluruh orang dapat berbicara dengan temannya di seluruh belahan bumi, denga menampilan wajahnya dan lawan bicaranya.
b. Komunikasi DARING asinkron (tidak serempak)

Komunikasi DARING asinkron adalah komunikasi yang digunakan secara tertunda tunda, dengan media pc. Contoh komunikasi ini adalah e- mail, forum, rekaman simulasi visual.





5. Tujuan komunikasi DARING
Komunikasi ini bertujuan untuk memprmudah setiap orang yang ingin berbicara tanpa harus bersusah payah bertemu dengan orang tersebut. Dan tidak akan merugikan pembicara yang mungkin berbicara dengan pihak laing di luar negeri/ tempat yang jauh.

6.  Fungsi komunikasi DARING
Komunikasi ini berfungsi untuk mempererat ikatan persaudaraan dengan seluruh orang di dunia, tanpa harus menguras kantong.
Dan untuk pelajar, agar mendapatkan dengan mudah materi yang ingin dipelajarinya melalui internet.

7. Komponen pendukung komunikasi DARING

Terdapat komponen yang harus digunakan sebelum melakukan pembicaraan. Dapat dibagi kepada 3 bagian, yaitu:

a.   Komponen hardware
Perangkat yang bentuknya dapat diraba oleh manusia secara langsung atau berbentuk nyata. Contoh hardware yang dapat digunakan, yaitu:komputer, headset, earphone, microphone, serta yang paling terpenting koneksi internet.

b.   Komponen software
Perangkat komponen bentuknya tak bisa di sentuh/diraba tapi hanya bisa dirasakan sensasinya. Program unruk mnjembatani antara branware dengan hardware.

c.     Komponen Brainware
Termasuk dalam komponen ini adalah user/manusia yang terlibat dalam penggunaan serta pengaturan perangkat lunak dan keras untuk melaksanakan komunikasi langsung.



Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar